• Tue. Sep 26th, 2023

    Arenasumbar.com

    Arena Olahraga Sumatera Barat

    Bersiap Helat Kompetisi Futsal Indonesia Liga Nusantara (1/9/2018), AFP Sumbar Buka Pendaftaran Tim Peserta

    Byselasa

    Aug 8, 2018

    arenasumbar.com – Kompetisi resmi Futsal Indonesia, Liga Nusantara (Linus) 2018 bakal segera bergulir di tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), kick-off, Sabtu 1 September 2018. Ajang kompetisi amatir menuju promosi ke Liga Profesional 2019 itu dipastikan siap dihelat oleh AFP (Asosiasi Futsal Provinsi) Sumbar dengan membuka pendaftaran tim peserta hingga 18 Agustus 2018 mendatang.

    Ditemui arenasumbar.com, Rabu (8/8), H. Yasman Yanusar selaku Ketua AFP Sumbar membenarkan terkait sudah dikirimnya pemberitahuaan registrasi resmi kepada klub-klub futsal Sumbar, peserta Linus edisi tahun lalu.

    BacaJuga

    AFP Sumatera Barat Pantau Pemain di Liga Futsal Nusantara dan Porprov Sumbar 2018

    LFN 2018 : Gagal di Final, Ini Kata Manager Tim Futsal Dharmasraya

    “Sesuai edaran dari Federasi Futsal Indonesia (FFI) yang menetapkan jadwal 34 Besar Nasional yang diikuti juara-juara tingkat provinsi seluruh Indonesia pada Oktober mendatang. Kita (AFP) harus secepatnya menggelar kompetisi futsal Linus untuk Sumbar dalam waktu dekat,” ujar H. Yasman Yanusar.

    “Karena itu, kita tetapkan kick-off, Sabtu 1 September 2018 nanti. Makanya surat resmi pemberitahuan telah kita sebarkan sejak Senin lalu kepada klub-klub futsal anggota resmi AFP Sumbar,” jelas H. Yasman Yanusar.

    Selain mengedarkan surat pemberitahuan bernomor :015/AFP-SB/VIII/2018 tertanggal Padang, 6 Agustus 2018 kepada 24 tim peserta Linus 2017 lalu, juga dibuka kesempatan bagi klub-klub baru yang ingin mengikuti kompetisi musim 2018 ini.

    Untuk tim-tim baru ini sebelum dinyatakan syah menjadi peserta Linus 2018, terlebih dulu wajib mendaftarkan diri langsung ke kantor AFP Sumbar di Rafhely By Pass kilometer 11, Sungai Sapih, Kota Padang, dengan membawa dokumen-dokumen resmi dan syarat-syarat pengesahan sebagai anggota resmi AFP Sumbar dan calon kontestan kompetisi Linus.

    “Kita kasih batas waktu sampai manager meeting nanti, Sabtu 18 Agustus 2018 jam 14.00 WIB,” terang Pak Haji sapaan familiar H. Yasman Yanusar.

    Seperti diketahui, kompetisi Futsal Indonesia level amatir Linus ini merupakan jenjang promosi untuk mengikuti kasta tertinggi kompetisi, Liga Profesional. Sejak 2015 telah bergulir dengan memunculkan juara-juaranya, PSR FC Padang (2015), Rafhely FC (2016 dan 2017).

    Hanya saja pada tiga kali edisi itu, wakil Sumbar ini belum bernasib baik alias naik kasta karena tersandung pada Babak 8 Besar Nasional, saat selangkah lagi promosi ke Liga Profesioanal.

    “Sudah tiga musim, sejak perdana digelar tahun 2015, wakil kita (Sumbar) belum bernasib baik. Lolos dari Babak 34 Besar Nasional. Tapi gagal di Babak 8 Besar Nasional. Sayang, cuma selangkah lagi sampai ke level kompetisi profesional karena hanya 4 tim yang promosi,” jelas Pak Haji.

    “Semoga musim 2018 ini, ada perubahan lebih baik lagi, wakil Sumbar bisa sampai 4 Besar Nasional dan promosi ke Liga Pro,” tambahnya.

    Namun Pak Haji mengatakan untuk tahun ini, AFP Sumbar tidak mengajukan diri lagi selaku tuan rumah grup A Babak 34 Besar Nasional Regional Sumatera, yang sebelum tiga kali beruntun bertindak sebagai tuan rumah.

    “Tahun ini AFP Sumbar dipastikan tidak mengajukan diri lagi sebagai tuan rumah babak regional Sumatera, Grup A Babak 34 Besar Nasional. Selain itu juga tidak ada AFP-AFP Provinsi lain yang berminat. Sebab itu, pusat menunjuk Lampung sebagai tuan rumah,” terang pak Haji yang juga salah seorang pengurus teras FFI ini.

    “Sebenarnya Lampung yang berada di Grup B bergabung dengan beberapa provinsi di Pulau Jawa mengajukan diri bukan untuk tuan rumah grup A. Tapi karena tidak ada provinsi-provinsi di Sumatera yang slotnya tergabung di Grup A yang ingin daerah jadi tuan rumah makanya Lampung akan pindah ke grup A. Itu informasi dari pusat yang kami (AFP Sumbar) terima,” ulas Pak Haji.

    Berikut Klub Anggota Resmi AFP Sumbar yang dikirimi form registrasi peserta Linus 2018 :

    01. RAFHELY FC (juara bertahan)
    02. FUTSAL LIMAPULUH KOTA
    03. FUTSAL KOTA PARIAMAN
    04. FUTSAL PADANG PARIAMAN
    05. CENDANA ANDALAS FC
    06. ADRENALINE FC
    07. TATA FUTSAL
    08. VVC FC SOLOK
    09. MHS FUTSAL
    10. JORDUS FC
    11. SATELITE FC
    12. PSR FC
    13. FUTSAL PASAMAN
    14. JB FC
    15. MENTAWAI FC
    16. ADINDA FC
    17. FUTSAL KOTA SAWAHLUNTO
    18. KUN FAYAKUN FC
    19. DEJAVU FC
    20. FUTSAL KOTA PAYAKUMBUH
    21. FUTSAL IKASMA 2 PADANG
    22. FUTSAL KOTA BUKITTINGGI
    23. ADINDA FC
    24. FUTSAL LUHAK NAN TUO

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *